Inilah 7 Tanda Persalinan Pada Wanita Sudah Mulai Dekat

Tanda Persalinan Pada Wanita Sudah Mulai Dekat

Tanda Persalinan Pada Wanita - Cara terbaik untuk bisa selalu siap dan siaga kalau pasangan sedang hamil adalah dengan mengenal tanda-tanda yang berikan. Misal tanda-tanda bayi sedang aktif di dalam janin dalam bentuk tendangan dan pergerakan. Selanjutnya tanda kalau janin sedang tidak sehat dalam bentuk penurunan pergerakan.

Tanda lain yang harus diperhatikan oleh pria dan wanita adalah tanda persalinan. Sebelum memasuki fase itu wanita akan memunculkan beberapa tanda khusus. Dari tanda ini pasangan sudah harus siap kalau sewaktu-waktu janin akan lahir sehingga persiapan harus segera dilakukan. Berikut tanda-tanda persalinan sudah mulai dekat.

Tanda persalinan sudah dekat


Berikut beberapa tanda persalinan sudah mulai dekat yang umum dirasakan oleh wanita. Simak baik-baik tanda di atas agar Anda bisa lebih memahami perubahan yang terjadi dengan baik.

1. Muncul nyeri yang tidak tertahankan


Wanita yang mendekati masa persalinan akan mengalami nyeri di area perut bawah dan punggung bawah yang cukup intens. Rasa sakit ini menyebabkan gangguan yang cukup besar sehingga wanita menjadi susah bergerak. Untuk sekadar duduk dan rebahan saja mereka masih merasakan sakit yang cukup besar.

Kalau tanda ini sudah muncul disertai dengan area perut dan pinggang yang kaku, sebaiknya pasangan waspada. Tidak lama lagi proses persalinan akan terjadi sehingga segala kebutuhan segera disiapkan agar saat proses persalinan tiba tidak akan terganjal masalah bawaan atau rujukan.

2. Kontraksi semakin intens


Kontraksi akan muncul seiring dengan bertambah besarnya ukuran janin di dalam rahim. Gerakan dari bayi dan perubahan pada rahim menyebabkan kontraksi sering muncul dan terasa sakit. Salah satu jenis kontraksi yang kerap terjadi adalah kontraksi Braxton Hicks.

Kontraksi jenis Braxton Hicks ini terjadi selama 30-120 detik saja dan akan hilang dengan sendirinya. Kontraksi ini juga sering muncul kapan saja sehingga wanita kerap merasa tidak nyaman. Kontraksi palsu ini biasanya terasa di area perut dan panggul. Selanjutnya kontraksi akan hilang dengan sendirinya lalu kembali lagi hingga beberapa kali dalam sehari.

3. Air Ketuban Mulai Pecah


Pecahnya air ketuban juga menjadi semakin dekatnya persalinan yang akan dialami oleh wanita. Kalau air ketuban pecah, janin akan lahir dalam waktu dekat. Anda dan pasangan harus segera menemui bidan terdekat untuk membantu persalinan karena janin sudah tidak bisa lama-lama lagi di dalam rahim.

Salah satu yang bahaya dari proses ini adalah janin tidak kunjung menunjukkan ada tanda ingin keluar. Dokter atau bidan biasanya akan segera memberikan induksi agar janin bisa segera keluar. Kalau proses ini tidak kunjung membuahkan hasil, terpaksa operasi Caesar bisa dilakukan.

4. Wanita Mulai Beser


Wanita akan mulai beser berkali-kali meski jumlah urine yang keluar tidak banyak. Kondisi ini akan cukup menyiksa karena wanita harus berkali-kali ke kamar mandi. Agar wanita tidak lelah biasanya pampers dewasa bisa digunakan.

5. Gangguan Tidur Setiap Malam


Semakin besarnya janin di dalam tubuh dan rasa sakit yang sering terjadi, kualitas tidur dari wanita jadi menurun. Dalam satu hari, wanita tidak bisa tidur hingga 6-8 jam.

6. Muncul Lendir Bercampur Darah Dari Vagina


Lendir merah akan muncul dalam bentuk spotting dari vagina. Kondisi ini menjadi tanda lain semakin dekatnya persalinan. Wanita sudah harus waspada agar saat persalinan terjadi tidak terjadi gangguan.

7. Serviks Mulai Melunak


Tanda terakhir yang menunjukkan wanita akan mengalami persalinan adalah munculnya perubahan pada serviks. Area serviks yang awalnya lebih kaku akan mulai melunak dan menjadi elastis. Bagian ini akan dijadikan jalan untuk bayi keluar selama proses persalinan terjadi.

Biasanya kalau serviks mulai melebar hingga 1-2 centimeter, persalinan akan terjadi. Wanita sudah disarankan untuk lebih banyak beristirahat dan menunggu proses persalinan terjadi. Kalau tubuh sudah tidak tahan dengan nyeri di perut, ada baiknya sudah berada di klinik untuk menunggu persalinan tiba.

Cara menyiapkan persalinan dengan baik


Kalau tanda-tanda persalinan sudah semakin dekat Anda disarankan untuk menyiapkan segalanya dengan sempurna. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan.

  • Kendaraan yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk mengantar pasangan ke klinik atau rumah sakit. Kendaraan ini disarankan dalam bentuk mobil agar wanita lebih nyaman selama perjalanan.
  • Lakukan komunikasi dengan pihak klinik atau mungkin bidan yang menangani pasangan sejak awal kehamilan. Minta kontaknya agar mudah dihubungi kalau sewaktu-waktu mau melakukan persalinan.
  • Kalau tanggal prakiraan persalinan sudah semakin dekat dan tanda-tanda semakin muncul seperti kontraksi yang besar di perut, ada baiknya untuk menginap atau opname di klinik atau rumah sakit. Begitu mulai bukaan dan siap melahirkan, penanganan bisa segera dilakukan.
  • Selalu bawa tas berisi pakaian dari pasangan yang bersih dan beberapa pakaian bayi yang digunakan ketika lahir.
  • Bawa beberapa barang yang bisa digunakan untuk menunggu persalinan misal buku atau headset untuk mendengarkan musik dan menjadi lebih tenang.
  • Bawa bantal, guling, dan selimut untuk berjaga-jaga kalau perlengkapan tidur yang disediakan klinik atau rumah sakit tidak lengkap.
  • Pastikan menghubungi saudara atau siapa saja yang bisa membantu Anda dalam membawa pasangan ke rumah sakit.
  • Siapkan dana yang cukup untuk biaya rumah sakit atau klinik. Siapkan juga rujukan kalau menggunakan asuransi kesehatan yang diselenggarakan pemerintah atau pihak swasta.
  • Siapkan diri untuk berbagai kemungkinan buruk yang terjadi misal pasangan harus melakukan operasi Caesar.

Demikianlah beberapa ulasan singkat tentang tanda persalinan yang sudah mulai dekat. Dari beberapa tanda di atas, mana saja yang menurut Anda cukup umum dan susah dispesifikkan sebagai bagian dari fase persalinan? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Tanda Persalinan Pada Wanita Sudah Mulai Dekat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel