Ini 5 Jenis Makanan Untuk Diabetes dan Darah Tinggi


Jenis Makanan Untuk Diabetes dan Darah Tinggi

Makanan untuk diabetes dan darah tinggi penting untuk diperhatikan, mengingat penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi makanan apa saja dengan sembarangan. Maka dari itulah, para penderita kencing manis atau diabetes dituntut untuk mengatur asupan makanan dengan sebaik mungkin, dilihat dari jumlahnya, jadwal, hingga jenis makanannya. Dengan jumlah insulin yang kurang atau biasa disebut sebagai resistensi insulin pada penderitanya, membuat penderita diabetes harus lebih berhati-hati untuk menjaga agar glukosa atau kadar gula dalam darah tidak melonjak.

Mengapa Penting Sekali Menjaga Makanan Untuk Diabetes dan Darah Tinggi?


Pada penderita diabetes dan darah tinggi, makanan merupakan faktor terpenting yang bisa memicu tingkat keparahan penyakit tersebut.  Jika sembarangan mengkonsumsi makanan, akibatnya kadar glukosa dalam tubuh semakin tinggi dan bisa memicu komplikasi makrovaskuler, berupa gangguan pembuluh darah dan penyakit jantung. Akan tetapi, resiko tersebut bisa diturunkan apabila penderita diabetes konsisten untuk menjalani pola hidup dan makan yang sehat.

Apa Saja Makanan Untuk Diabetes dan Darah Tinggi?


Ada beberapa jenis makanan yang disarankan bagi penderita diabetes dan darah tinggi, sebagai berikut :

1. Brokoli


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Warwick University, melaporkan jika brokoli memiliki kandungan sulforaphane, yang berfungsi melindungi dan memperbaiki kerusakan kardiovaskuler pada dinding pembuluh darah akibat diabetes. Senyawa sulforaphane juga dapat memicu anti inflamasi, meningkatkan detoksifikasi alami pada tubuh, mengendalikan kadar gula darah, dan meningkatkan produksi enzim sebagai pengendali zat-zat kimia berbahaya yang menyebabkan kanker. Kandungan kromium yang terdapat pada brokoli juga bisa meningkatkan kadar sensitivitas insulin pada tubuh.

2. Cokelat Hitam


Cokelat mengandung senyawa flavonoid bisa meningkatkan sensitivitas pada insulin, mengurangi keinginan makan berlebih, mempercepat pengolahan glukosa dalam darah, dan mengurangi terjadinya resistensi insulin. Akan tetapi, tak semua jenis coklat mempunyai khasiat yang serupa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen menunjukkan bahwa jika mengkonsumsi coklat hitam biasanya mempunyai keinginan lebih rendah mengkonsumsi makanan asin, manis, atau makanan berlemak jika dibandingkan yang mengkonsumsi jenis coklat susu. Adapun kandungan flavonoid yang terdapat coklat susu lebih rendah dari coklat hitam, sementara kandungan lemak dan gulanya sendiri lebih banyak.

3. Blueberry


Di dalam blueberry terkandung serat tidak larut untuk menyusutkan lemak dari dalam tubuh, dan terdapat serat larut yang dapat diolah dalam tubuh lebih lama sekaligus bisa mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengkonsumsi 2,5 gelas jus blueberry setiap harinya hingga 12 minggu bisa menurunkan glukosa di dalam darah, meningkatkan daya ingat, dan mengatasi depresi.

Hal tersebut dikarenakan blueberry memiliki kandungan antioksidan, menstimulasi produksi adiponektin sebagai hormon pengatur kadar gula darah, dan terdapat senyawa kimia alami untuk mengecilkan sel lemak.

4. Kacang-Kacangan


Memilih kacang-kacangan sebagai makanan untuk diabetes dan darah tinggi merupakan pilihan terbaik sebab kacang-kacangan lebih kaya serat, mineral, dan rendah kalori, sehingga ideal untuk dijadikan makanan bagi penderita diabetes. Adapun jenis kacang-kacangan tersebut diantaranya, kacang almond, kacang paprika, kacang ijo, kacang polong, kacang kedelai, dan lain sebagainya.

5. Biji-bijian


Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi dan diabetes lainnya ialah makanan yang kaya akan nutrisi yang diperlukan bagi kesehatan tubuh, seperti biji-bijian. Adapun biji-bijian tersebut, diantaranya flaxseed , biji semangka, biji bunga matahari, dan chia seed yang mengandung mineral tinggi, omega 3, kalsium, dan zat besi.

Imbangi konsumsi makanan untuk diabetes dan darah tinggi dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga teratur, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "Ini 5 Jenis Makanan Untuk Diabetes dan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel